Latest News

Obyek Wisata Baturraden Alami Indah Mempesona

Baturaden Merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas. Selain itu Baturaden juga merupakan magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas. Tempat wisata ini Terletak 14 km sebelah utara dari Purwokerto Lokawisata ini sangat mudah dicapai.

Berada di bawah kaki Gunung Slamet sekitar 640 m dari permukaan laut, Baturaden menawarkan udara yang segar dan sejuk, Keindahan alam di baturaden membuat pikiran dan jiwa yang penat segar kembali. Panorama di sini sungguh elok dan cantik hal ini yang membuat baturaden menjadi salah satu wisata paling menonjol di Kabupaten Banyumas.

Wisata Baturaden

Dari atas Baturaden anda bisa melihat keindahan kota purwokerto bahkan jika  langit cerah tanpa awan anda bisa melihat Pulau Nusa kambangan yang berada di kabupaten cilacap. Baturaden memiliki banyak objek wisata yang indah yang bisa anda kunjungi, diantaranya :

Pancuran Telu Baturaden
Pancuran telu atau pancuran tiga berada di dalam area lokawisata baturaden. Tempat ini merupakan sumber air panas yang  dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran pitu atau pancuran tujuh berada lebih ke atas dari lokawisata baturaden. Sama seperti pancuran telu. Air panas disini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bumi Perkemahan Baturaden
Tempat ini cocok buat mereka para pecinta alam untuk menikmati keindahan alam di baturaden. Bumi Perkemahan baturaden juga pernah digunakan untuk menyelenggarakan Jambore Nasional Pramuka se indonesia.

Kaloka Widya Mandala
Dikenal dengan Taman Wisata Pendidikan Wanasuka Baturaden. Di tempat ini dahulu terdapat berbagai macam binatang langka dan aneh seperti sapi kaki lima, kambing kaki tiga, beruang, gajah, buaya, beruk, berung dan banyak lagi. Namun sekarang binatangnya sudah sedikit karena banyak yang mati. Padahal tempat ini pernah mendapatkan prestasi visit indonesia dekade 1991 - 2000.

Wana Wisata Baturaden
Obyek wisata ini  merupakan hutan hijau alam yang indah terletak sekitar 2 Km dari obyek wisata Baturraden.

Taman Botani Baturaden
Di tempa ini ada berbagai aneka ragam tanaman hias,  dan tanaman langka, seperti Tanaman Havana, tanaman bongsai, Daun Dewa,  Keladi Tikus, Brimulia, Antarium Lipstik, Lidah Gajah, Widoro Laut  Palem Paris dan banyak lagi. Tanaman disini bisa anda beli dengan harga yang cukup murah sebagai cindera mata.

Curug Gede
Curug Gede Merupakan salah satu air terjun yang indah berada di dekat lokawisata Baturaden. Letaknya di wilayah Desa Wisata Ketenger berjarak sekitar 3 Km dari lokawisata Baturaden. Di dekat sini juga ada curug bayan yang tak kalah indah dari curug gede.

Telaga Sunyi Baturaden
Telaga sunyi ini terletak di sebelah timur sekitar 3,5 km dari lokawisata Baturraden. Pemandangan di Telaga sunyi sungguh indah. Anda dapat melihat sumber air yang masih murni dan jernih disini.

Selain wisata alam, Baturaden juga menyajikan wisata budaya seperti pertunjukan musik calung, tari lengger banyumas, kuda lumping, sadranan dan grebeg syuro yang diadakan pada bulan pertama kalender islam.

Berdasarkan cerita setempat, Legenda Baturaden berasal dari dua buah kata bahasa Jawa yaitu Batur, yang berarti teman, asisten, atau pembantu, dan Raden, yang berarti mulia. Dikisahkan jaman dahulu ada seorang putri ( Raden ) yang jatuh cinta dengan pembantunya ( Battur ) . Pasangan ini memiliki hubungan cinta rahasia (mirip mirip kaya romeo dan juliet hehe). Namun sepandai pandainya rahasia ditutup akhirnya ayah san Putri tahu, dan mengusir mereka berdua keluar dari istana. Akhirnya, mereka berjalan ke arah pegunungan yang semakin terjal dan akhirnya sampai di tempat yang indah akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal menetap di sana. Tempat indah tersebut yang kini dikenal dengan nama Baturraden. Agar lebih enak diucapkan maka unsur "R" yang dipakai cukup satu saja jadi Akhirnya sampai sekarang tempat ini bernama BATURADEN. Selain cerita tersebut baturaden juga di kaitkan dengan cerita lutung kasarung.

Baturaden sungguh sangat menarik untuk diceritakan. Berkunjung ke Baturaden tidak akan membuat anda bosan. Harga tiket masuk ke Lokawisata Baturaden cukup murah sekitar Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.000 dihari libur. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk keluarga. Jika berkunjung ke Banyumas janga lewatkan untuk mengunjungi Wisata Baturaden.

Obyek Wisata Baturraden Alami Indah Mempesona
Reviewed by Admin Rating: 4.5

0 Response to "Obyek Wisata Baturraden Alami Indah Mempesona"

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi