Latest News

Taman Rekreasi Margasatwa Seruling Mas Banjarnegara

Serulingmas Selomanik atau dikenal dengan Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas merupakan tempat wisata kebun binatang yang terletak di Kabupaten Banjarnegara sekitar 1 km kearah barat dari pusat kota Banjarnegara di kompleks makam Ke Ageng Selamanik. Untuk mencapai dan menemukan lokasinya tidak terlalu sulit karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Kita bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi atau pun bus untuk mencapai kebun binatang serulingmas.

singa sedang tidur salah satu koleksi kebun binatang serulingmas banjar negara

Kebun binatang disini merupakan sata satunya yang ada dikrasidenan Banyumas. Awal mula Kebun Binatang Serulingmas merupakan hutan kota yang kemudian dihijaukan. Kemudian pada tanggal 21 agustus 1997, Serulingmas selomanik di resmikan oleh Jend. TNI (purn) Susilo Sudarman (alm) yang pada saat itu menyumbangkan seekor harimau. Sekarang Serulingmas menjadi salah satu andalan wisata banjar negara. 

Meskipun tak selengkap kebun binatang lain seperti taman safari atau ragunan. Namun Serulingmas selomanik memimiliki koleksi satwa yang cukup lengkap diantaranya Harimau, Singa, ular, orang utan, aneka burung, kuda zebra, beruang dan masih banyak lagi. Sarana prasarana disinipun masih cukup baik karena mendapat dukungan dari pemerintah. Diantara sarana yang ada di taman marga satwa serulingmas diantaranya kolam renang lengkap dengan water boom, area bermain anak, pemancingan umum, panggung hiburan serta makam ke Ageng Selomanik yang dikeramatkan.

Tempat ini teduh dan rindang sehingga nyaman untuk santai bersama keluarga. Selain aneka macam satwa Dari tempat ini kita juga bisa melihat keindahan alam sungai serayu yang sangat menawan. Tidak jauh dari situ terdapat juga bendungan Banjar Cahyana, peninggalan belanda pada tahun 1939.

Harga Tiket Masuk Taman Marga Satwa Serulingmas cukup murah dan terjangkau untuk masuk hanya dikenakan tarif Rp. 5000 untuk umum dan Rp 2000 untuk pelajar. ANda juga bisa menunggang gajah, unta, atau kuda dengan tarif Rp 5000. Selain itu anda juga bisa menikmati wahana wisata lainnya seperti kolam renang, wahana permainan dan sebagainya dengan tarif Rp 4000/wahana. Tarif ini berlaku sejak agustus 2011.

Jika anda sedang atau berada di Banjar negara, Taman wisata marga satwa seruling mas ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah dan terjangkau. Ayo Berkunjung ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas.

Taman Rekreasi Margasatwa Seruling Mas Banjarnegara
Reviewed by Admin Rating: 4.5

0 Response to "Taman Rekreasi Margasatwa Seruling Mas Banjarnegara"

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi