Latest News

Keindahan Wisata Tanah Lot Bali

Pulau Bali selalu menarik menjadi salah satu tujuan wisata alam baik oleh wisatawan domestic maupun internasional memiliki segudang keindahan. Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan terindah. Tanah Lot sunset yang memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Keindahan Tanah Lot Sunset membuat Tanah Lot Bali ini ramai dikunjungi pada sore hari menjelang senja.

Di Tanah Lot Bali terdapat 2 pura yang merupakan tempat beribadah bagi umat Hindu. Hal menarik lainnya dari pura Tanah Lot Bali ini adalah dari tata letak pura Tanah Lot Bali tersebut. Salah satu pura terletak di atas tebing dan yang satu terletak di atas bongkahan batu. Sebagai pura laut, pura Tanah Lot Bali ini dipercaya sebagai tempat pemujaan dewa – dewa laut dan meupakan bagian dari pura Dang Kahyangan Pura.

keindahan tanah lot bali

Lokasi Tanah Lot Bali yang letaknya hanya sekitar 13 km dari Tabanan itu tepatnya berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Tanah Lot Bali yang salah satunya berada di atas tebing ini terlihat sangat menawan. Tebing yang berbentuk seperti jembatan melengkung itu menghubungkan antara pura dan jembatan. Pura Tanah Lot Bali merupakan tempat yang sangat tepat untuk menikmati sunset dan sangat ramai dikunjungi pada sore hari.

Sama halnya dengan pura – pura lain yang ada di Bali, Odalan atau hari raya umat Hindu juga dirayakan di Pura Tanah Lot. Pada hari raya tersebut umat Hindu akan sangat ramai untuk bersembahyang di Pura Tanah Lot tersebut. Odalan tepatnya dirayakan pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir yaitu pada hari – hari menjelang perayaan Galungan dan Kuningan.

keindahan sunset di tanah lot bali

Setelah lelah menikmati keindahan Tanah Lot Bali dan juga Pura Tanah Lot Bali yang begitu mempesona, para wisatawan dapat beristirahat pada penginapan yang banyak terdapat di sekitar area Tanah Lot Bali dengan harga yang bervariasi dan cukup terjangkau. Di sepanjang pintu masuk area Tanah Lot Bali ini juga terdapat banyak art shop yang menjual berbagai macam pernak pernik, kerajinan dari Bali, kain Bali, topi, sandal, lukisan, patung dan masih banyak lagi barang yang menarik di sana. Tidak hanya para penjual pernak pernik saja yang berjejer rapi tetapi juga ada kedai makanan dan minuman maupun restaurant.

Legenda & Sejarah Tanah Lot

Legenda Tanah Lot dan Sejarah Tanah Lot Bali erat kaitannya dengan Sejarah Pura Tanah Lot.  Menurut legenda Tanah Lot dan Sejarah Tanah Lot Bali, pura Tanah Lot Bali dibangun oleh seorang pengembara dari tanah Jawa yang juga merupakan seorang Brahmana. Brahmana tersebut ialah Danghyang Nirartha  yang berjasa besar dalam penguatan kepercayaan umat Hindu. Bendesa Beraben yang merupakan penguasa tanah Lot  pada masa itu tidak menyukai Danghyang Nirartha karena para pengikut Bendesa Beraben mulai meninggalkannya dan lebig memilih untuk menjadi pengikut dari Danghyang Nirartha. Karena rasa ketidaksukaan tersebut maka Bendesan Beraben mengusir Danghyang Nirartha dari Tanah Lot.

Danghyang Nirartha bersedia untuk meninggalkan Tanah Lot. Sebelum meninggalkan tanah lot, Danghyang Nirartha memindahkan bongkahan batu ke tengah pantai dengan kekuatannya. Pada Bongkahan Batu tersebut dibangun pura yang kita kenal sekarang sebagai pura Tanah Lot Bali. Menurut Legenda Tanah Lot dan Sejarah Tanah Lot Bali, Danghyang Narartha juga mengubah selendangnya menjadi ular suci tanah lot untuk menjaga pura tersebut. Sampai sekarang Ular Suci Tanah Lot tersebut masih  ada yang memiliki bisa 3x lebih berancun dari bisa ular cobra. Berdasarkan penelitian ilmiah ular suci Tanah Lot tersebut memiliki ekor yang berbentuk pipih menyerupai ekor ikan dan memiliki warna hitam dengan belang kuning. Akhir kisah dari Sejarah Pura Tanah Lot ini, Bendesan Beraben akhirnya juga menjadi pengikut dari Nanghyang Nirartha.

Keindahan Wisata Tanah Lot Bali
Reviewed by Admin Rating: 4.5

2 Responses to "Keindahan Wisata Tanah Lot Bali"

  1. wah keren tanah lot.., sejarahnya juga menarik :D
    cb bc artikel ini deh bro :D <a href="http://lookbalii.blogspot.com/2014/06/ts-suites-is-heeel.html'>TS Suites</a>

    ReplyDelete
  2. Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sana ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi