Latest News

Wisata Geologi Bleduk Kuwu di Kabupaten Gerobogan

Bagi anda yang ingin melihat wisata geologi ada baiknya anda berkunjung ke tempat yang satu ini. Bledug Kuwu berada di Kabupaten grobogan Jawa Tengah tepatnya di Desa Kuwu kecamatan Kradenan sekitar 28 km dari kota purwodadi. Bleduk kuwu adalah salah satu objek wisata andalan di sini. Ditempat ini terjadi fenomena unik yaitu sebuah berupa bledug lumpur atau leputan lumpur yang keluar dari dalam tanah setiap 2 sampai 3 menit sekali. Letupan di bledug kuwu sama seperti semburan lumpur di sidoarjo hanya saja letupan bledug kuwu tidak sebesar yang ada di sidorajo. Disana terdapat dua buah letupan lumpur, yang besar bernama joko tuwa terdapat disebelah barat  sedangkan yang  kecil berada disebelah timur diberi nama roro denok.

wisata bleduk kuwu

Bleduk sendiri artinya letupan dan kuwu karena letaknya berada di desa kuwu. Tempat ini masih menyimpan cerita mistis dimana diceritakan bahwa sejarah bleduk kuwu sebagai lubang yang menghubungkan laut selatan dan laut utara. KOnon lubang tersebut terjadi sebagai jalan pulang joko linglung dari laut selatan ke kerajaan medang kamulan setelah dia menglahkan buaya putih jelmaan dari Prabu Dewata Cengkar di Laut selatan. Joko linglung berubah menjadi ular naga kemudian membuat lubang dari laut selatan ke tempat medang kamulan dengan membawa kepala buaya putih untuk diserahkan kepada Prabu Ajisaka. Sehingga lubang tersebut masih ada sampai sekarang.

Sementara menurut ilmu geologi asal usul bleduk kuwu terjadi karena adanya aktifitas dari perut bumi yang mengeluarkan panas ke atas bumi. Gas ini biasanya berupa gas metana yang membawa larutan yang mengandung mineral-mineral ke atas bumi.Hal tersebut menyebabkan Lumpur dari letupan bleduk kuwu banyak mengandung garam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat garam atau bleng yaitu sejenis borak yang berasal dari campuran mineral garam konsentrasi tinggi. Lumpur dari sumber letupan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Keadaan bleduk kuwu sebagai wisata unggulan di daerah ini kini semakin memprihatinkan. Banyak fasilitas yang rusak dan terbengkalai menyebabkan tempat ini sepi wisatawan. Apalagi lokasinya gersang dengan sedikit pepohonan membuat tempat ini panas. Sudah saatnya pemerintah kembali turun tangan untuk merenovasi tempat ini agar lebih baik. Sangat disayangkan jika tempat yang dulunya ramai pengunjung dari berbagai daerah dibiarkan begitu saja. Perlu adanya perubahan dan inovasi untuk mengelola objek wisata ini.

Wisata Geologi Bleduk Kuwu di Kabupaten Gerobogan
Reviewed by Admin Rating: 4.5

0 Response to "Wisata Geologi Bleduk Kuwu di Kabupaten Gerobogan"

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi