Latest News

Pemandian Air Panas Taman Wisata Guci Indah Tegal

Taman Wisata guci dikenal juga dengan Guci Indah merupakan salah satu Obyek Wisata alam air panas. Objek wisata ini terletak di kabupaten Tegal  tepatnya di desa Guci Bumijawa. Udara disini lumayan sejuk karena letaknya yang berada dibawah kaki gunung selamet. Obyek wisata guci yang utama adalah air panas yang ada sekitar 10 air terjun sebagai sumber air panas. Masyarakat percaya jika air panas ini dapat mengobati berbagai macam penyakit terutama penyakit kulit.

Air terjun air panas guci indah tegal

Sebagai salah satu tempat rekreasi di Jawa Tengah guci banyak dikunjungi wisatawan lokal pada hari libur.  JIka anda ingin pergi ke Guci saya sarankan jangan pada hari libur karena tempatnya akan sangat penuh. Jangan lupa membawa baju ganti jika anda ingin berenang. Selain hari libur  guci juga ramai pada malam jumat kliwon oleh orang orang yang ngalap berkah percaya tak percaya katanya jika mandi disini tengah malam semua permintaan akan segera terwujud.

taman wisata guci indah tegalMenurut cerita nama guci ini berasal dari air yang diberikan oleh wali songo yang dimasukan kedalam poci ( guci ) untuk orang yang di utus untuk mensyiarkan agama islam. Namun jumlah airnya sangat terbatas sehingga pada malam jumat kliwon salah satu sunan menancapkan tongkat ketanah. Atas izin Allah maka air panas mulai mengalir air panas. Hingga kini wisata guci masih menyimpan banyak misteri karena menjadi salah satu peninggalan wali songo.

Setelah sumber air panas di Obyek wisata guci indah dilakukan penelitian dan hasilnya tidak ada racun maka Selanjutnya pada tahun 1974 Guci indah dibuka untuk umum. Ajaib memang tak seperti sumber air panas seperti di Batturaden dan kebanyakan sumber air panas di daerah lain yang memiliki banyak belerang pemandian air panas di guci tidak mengandung belerang. Mungkin hal ini yang menjadikan tempat wisata ini berbeda dari yang lain. Apalagi tempat dan fasilitanya masih alami.

Untuk mencapai tempat wisata ini dari kota tegal berjarak sekitar 40 Km sedangkan dari Kota slawi sekitar 30 Km. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti angkot maupun Bus. Dari terminal tegal dapat ditempuh dengan waktu kurang dari 1 jam. Saya sendiri ke guci dari kota purwokerto menggunakan sepeda motor bersama rombongan membutuhkan waktu kurang dari 3 jam. Jangan lupa pastikan bahan bakar anda masih penuh karena jalannya panjang dan menanjak dan tak ada pom bensin disana.

Sampai di pintu gerbang siapkan dompet untuk membeli tiket masuk wisata guci indah seharga Rp. 6000 untuk dewasa dan Rp 5500 untuk anak anak tiket ini sudah termasuk jasa raharja dan tiket motor. Sedangkan saat hari libur harga tiket masuk guci untuk dewasa Rp 7500 dan anak anak Rp 6500. Tapi cukup disayangkan meski saat membeli tiket sudah tertera tiket untuk motor. Kita masih harus membayar tiket palkir lagi seharga Rp 3000 untuk sepeda motor.

Anda dapat langsung bermain air panas di sungai sumber air panas ini. Anda dapat juga menggunakan fasilitas kamar mandi dan kolam renang air panas yang berasal dari sumber air panas guci dengan biaya tambahan. Selain itu disini juga terdapat banyak hotel, Villa dan penginapan yang cukup murah. Ada juga tempat rekreasi untuk keluarga yang cukup menarik disini seperti wisata hutan, out bond, kebun strawberry. Jika anda liburan mungkit Taman Wisata Guci indah bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk mengisi liburan.

Untuk informasi anda dapat menghungi :
Telp : ( 0283 ) 3339559
Dukuh Pekandangan Kelurahan Rembul, Kecamatan Bojong - Tegal

Sumber : wikipedia, dinas pariwisata tegal, catatan pribadi

Pemandian Air Panas Taman Wisata Guci Indah Tegal
Reviewed by Admin Rating: 4.5

0 Response to "Pemandian Air Panas Taman Wisata Guci Indah Tegal"

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi