Latest News

Wisata Waduk Penjalin Brebes Sungguh Menyenangkan

Jika anda berada di kota bumiayu, sempatkanlah berkunjung ke waduk penjalin. Jaraknya sekitar 12 Km dari kota Bumiayu, Kabupaten brebes, Jawa tengah. waduk penjalin terletak di desa winduaji di dekat perbatasan kabupaten banyumas dan kabupaten brebes. Sehingga ada yang menyangka waduk ini waduk penjalin banyumas padahal sebenarnya waduk penjalin brebes

keindahan tempat wisata waduk penjalin yang mempesona

Sejarah waduk penjalin ada sejak zaman kolonial belanda sekitar tahun 1930an sebagai waduk tadah hujan untuk menyuplai air irigasi persawahan. Asal usul Nama waduk penjalin sendiri berasal dari kata bahasa jawa yang berarti rotan. Luas waduk ini sekitar 1.25 Km2 yang mampu menampung air sebanyak 9.5 juta meter kubik. Waduk ini memiliki tanggul dengan lebar 4 meter, tinggi 16 meter dan panjang mencapai 850 yang berada dibagian depan pintu masuk waduk.

Waduk penjalin juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengais rejeki mulai dari mencari ikan, membuat keramba apung sampai jasa perahu yang biasanya ramai pada saat hari raya lebaran. Selain itu manfaat waduk penjalin juga untuk menampung air hujan dan irigasi pertanian walaupun Saat musim kemarau waduk ini bisa kering kerontong.

pemandangan alamindah di waduk penjalin  brebes jawa tengahSebenarnya tempatnya biasa saja namun Waduk penjalin sungguh indah di pagi dan sore hari, pemandangannya membuat hati tenang dengan semilir angin berhembus sungguh menyegarkan. Jika ingin berkeliling waduk anda bisa menyewa perahu dengan membayar jasa yang murah. Waduk penjalin cocok sebagai tempat rekreasi keluarga anda. Wisatawan kebanyakan merupakan wisataman lokal yang berasal dari purwokerto, bumiayu dan cilacap. 

Lebih asik berkunjung ke tempat ini beramai ramai bersama teman atau keluarga dihari libur biasa jangan dihari hari besar. Demikian sedikit cerita wisata waduk penjalin Setelah dari Waduk penjalin brebes sempatkanlah berwisata di curug cipendok yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat ini atau ke taman wisata baturaden.

Video Serunya Naik Kapal di Waduk Penjalin


Wisata Waduk Penjalin Brebes Sungguh Menyenangkan
Reviewed by Admin Rating: 4.5

0 Response to "Wisata Waduk Penjalin Brebes Sungguh Menyenangkan"

Silakan Berkomentar dengan bijak dan sesuai isi